Pertamina Beli Ladang Exxon di Irak

Hak partisipasi Pertamina di West Qurna I Irak telah disepakati. 

PT Pertamina Irak Eksplorasi Produksi, anak perusahaan PT Pertamina, telah menuntaskan penyelesaian kesepakatan penjualan aset (asset sales agreement/ASA) dengan ExxonMobil Iraq Limited untuk 10 persen hak partisipasi di West Qurna I, Irak.

Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiawan, Sabtu 30 November 2013, menjelaskan aksi korporasi ini adalah tonggak strategis bagi Pertamina. Sayap bisnis perusahaan itu akan meluas ke mancanegara, khususnya di negara dengan minyak dan gas melimpah seperti Irak.

"Ekspansi Pertamina ke luar negeri adalah untuk mendukung pemerintah dalam menjaga serta memperkuat ketahanan energi Indonesia yang berkelanjutan," ujar Karen dalam keterangan tertulisnya.

ExxonMobil, ia melanjutkan, tetap sebagai kontraktor utama dengan menguasai 25 persen hak partisipasi di West Qurna I.

Pemindahan hak partisipasi tersebut pun telah disetujui oleh konsorsium kontraktor West Qurna I yang terdiri dari South Oil Company, Oil Exploration Company Iraq, dan Shell West Qurna B.V.

Akuisisi ini, menurut Karen, memberikan kesempatan menarik bagi Pertamina untuk memperkuat kompetensi dan pengalamannya dari usaha di luar negeri.

"Partisipasi Pertamina di konsorsium kontraktor West Qurna I merupakan batu loncatan untuk mencapai visi perusahaan menjadi perusahaan energi kelas dunia," kata Karen.


0 komentar:

Posting Komentar