Hindari Penyadapan, Jerman Pilih BlackBerry Ketimbang iPhone

Hindari Penyadapan, Jerman Pilih BlackBerry Ketimbang iPhoneTindakan penyadapan yang dilakukan oleh badan intelijen Amerika Serikat (NSA) kepada petinggi Jerman membuat negara itu mengeluarkan kebijakan keamanan baru. Lembaga keamanan di Jerman membuat perangkat lunak khusus untuk menghindari penyadapan oleh intelijen negara lain.

Keputusan pemerintah Jerman menggunakan perangkat lunak khusus untuk menghindari penyadapan berakhir dengan menyingkirkan iPhone dari kalangan pejabatnya. Smartphone BlackBerry dipilih sebagai perangkat resmi bagi para pejabat dan petinggi di Jerman.

Produk buatan vendor asal Kanada itu memang telah lama dikenal dengan sistem keamanan dan enskripsi yang lebih mumpuni. Kalangan bisnis besar di Amerika Serikat dikabarkan masih mempertahankan penggunaan smartphone BlackBerry agar keamanan aktivitas bisnisnya terjaga.

GigaOm melaporkan dua partai terbesar yang berkoalisi di pemerintahan Jerman telah memerintahkan agar anggota parlemen menggunakan ponsel yang bisa dienkripsi. Sistem operasi iOS disebutkan tak mendukung penggunaan perangkat lunak khusus buatan Jerman itu.

Walhasil, para anggota parlemen tidak diperbolehkan lagi menggunakan ponsel besutan Apple. Kanselir Angela Merkel pun dikabarkan secara resmi telah beralih menggunakan smartphone BlackBerry.

"Walaupun yang disebutkan akan dilarang iPhone sepertinya tak hanya iPhone. Ponsel Android pun akan dilarang karena tidak mendukung standar enkripsi lokal di Jerman," kata Carl Howe, Yankee Group VP of Research dalam laporan yang dilansir di laman resminya.

Ia juga menyebutkan bahwa keamanan dalam organisasi butuh enkripsi yang teruji, proses dan pengelolaannya, dan tidak satupun dapat dibuktikan aman hanya dalam waktu satu malam. BlackBerry diakui Howe telah terbukti selama 10 tahun yang menjadikannya sebagai platform smartphone dengan rekam jejak keamanan yang panjang.(den/dew)


0 komentar:

Posting Komentar