Benarkah BBM di Android Menyedot Pulsa?

Benarkah BBM di Android Menyedot Pulsa?Jakarta Salam kenal, saya pengguna aplikasi BBM di Android. Sebelumnya saya pakai BBM di BlackBerry, lalu pindah ke smartphone Android. Anehnya, kenapa pulsa saya selalu tersedot ketika menggunakan BBM di Android? Tolong dijawab ya, trima kasih.
- Bagus, Solo -

Jawaban:

Halo Bagus, terima kasih telah mengirimkan pertanyaan ke redaksi Tekno Liputan6.com.

Terkait pulsa yang selalu tersedot ketika menggunakan pesan instan BlackBerry Messenger (BBM), perlu diketahui bahwa menjalankan aplikasi BBM di Android itu sama saja dengan mengakses internet, sama seperti ketika Anda menjalankan aplikasi WhatsApp, Line hingga Facebook.

Nah, untuk mendapatkan akses internet bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui jaringan Wi-Fi dan menggunakan paket internet melalui kartu SIM.

Jika menggunakan jaringan Wi-Fi, ini jelas tidak akan menyedot pulsa Anda. Akan tetapi, jika menggunakan kartu SIM maka pulsa secara otomatis akan tersedot. Karena itu, sebelum menggunakan BBM di Android ataupun iOS, pastikan Anda sudah berlangganan paket data internet.

Tanggapan Operator


Kami juga telah menghubungi salah satu operator seluler di Indonesia untuk mengkonfirmasi terkait kasus pulsa tersedot tersebut. Berikut tanggapan Henry Wijayanto, Public Relations Manager PT XL Axiata Tbk.

"Ada dua kemungkinan yang membuat pulsa pengguna tersedot ketika menggunakan BBM. Pertama karena pengguna itu tidak mendaftarkan paket internet, dan kedua karena mungkin pengguna masih memakai paket BlackBerry Internet Service (BIS) di perangkat Android-nya," kata Henry.

Jika pengguna tak memakai paket internet, lanjut Henry, tentunya pulsa reguler mereka akan tersedot. Soal paket BIS, kemungkinan pengguna yang terbiasa menggunakan perangkat BlackBerry, masih memakai layanan itu di perangkat Android miliknya.

BIS (BlackBerry Internet Service) adalah layanan paket internet khusus perangkat BlackBerry. Paket BIS ini tentu saja tak berlaku jika kartu dipindahkan ke perangkat Android.

"Sepertinya banyak pengguna BBM di Android yang tidak aware dengan layanan internet. Kemungkinan ini yang membuat pulsa mereka tersedot saat menggunakan BBM," terang Henry lagi.

Demikian, semoga jawaban di atas dapat membantu Anda.

[Tim Redaksi Tekno]

----

Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan terkait internet ataupun virus, silakan kirim pertanyaan Anda melalui email: tekno.liputan6 (at) gmail (dot) com. Pertanyaan terpilih akan dijawab oleh redaksi ATAU narasumber yang kompeten di bidangnya.(isk/dew)


0 komentar:

Posting Komentar